Jambu Biji, Turunkan Kadar Gula, Kolesterol & Tekanan Darah

Jambu biji, buah ajaib yang akrab dalam kehidupan kita, punya multimanfaat bagi kesehatan. Buah ini sangat kaya vitamin C dan beberapa jenis mineral yang mampu menangkal berbagai jenis penyakit degeneratif, serta menjaga kebugaran tubuh.

daun dan kulit batangnya mengandung zat antibakteri, yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa buah segar dan jus buah dari buah jambu biji memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah. Dalam sejarah pengobatan cina, jambu biji sangat berguna untuk penyembuhan penyakit diabetes melitus. Pemberian satu gram jus jambu per kilogram berat badan menunjukan efek hipoglikemik (penurunan gula darah) pada tikus normal dan tikus diabetes.

Meskipun efek hipoglikemik yang diberikan lebih lemah bila dibandingkan dengan obat komersial, seperti chlorpropamide dan metformin, efek hipoglikemik yang diberikan oleh jus buah jambu biji cukup berarti. Dengan demikian, jambu biji dapat digunakan untuk mengobati dan atau mencegah penyakit diabetes militus (Chen dan Yang, 1983).

Senyawa yang berkontribusi terhadap efek hipoglikemik tersebut adalah serat pangan larut (soluble dietary fiber) yang banyak ditemukan dalam buah jambu biji. Suatu penelitian menunjukan bahwa pemberian 0.517 g/hari jambu biji dapat menurunkan gula darah puasa pada tikus percobaan (Yusof dan Said, 2004).

Sebuah penelitian di india yang diterbitkan dalam Jurnal of Human Hypertension (1993) menunjukkan bahwa konsumsi jambui biji sebanyak 0.5 – 1 Kg selama 4 minggu mampu menurunkan 5 % tekanan darah penderita hipertansi dan menurunkan 5 – 8 % kolesterol darah penderita hiperkolesterolemia. Hal ini dikarenakan kandungan potasium dan serat pangan yang tinggi pada jambu biji.

Penelitian singh dan kawan-kawannya dari India yang dipublikasikannya pada American Journal of Cardiology (1992) melaporkan bahwa konsumsi serat tinggi dan jambu biji selama 12 minggu mampu menurunkan tekanan darah rata-rata sampai 9,9 %, trigliserida 7,7 %, dan menaikkan HDL (Kolesterol baik) lebih dari 8 %.

Hasil penelitian dari America yang dipublikasikan pada Food Chemical News (1995) menunjukkan adanya senyawa anti kanker dalam buah jambu biji.

Komposisi GIZI Aneka Jambu per 100 gr

Zat Gizi Jambu Air Jambu Bol Jambu Biji

Energi (kkal) 46 56 49

Protein (g) 0.6 0.6 0.9

Lemak (g) 0.2 0.3 0.3

Karbohidrat (g) 11.8 14.2 12.2

kalsium (mg) 8 29 14

Fosfor (mg) 9 16 28

Besi (mg) 1.1 1.2 1.1

Vitamin A (SI) 0 130 25

Vitamin B1 (mg) 0 0.02 0.02

Vitamin C (mg) 5 22 87

Air (g) 87.0 84.5 86.0

(Prof. Dr. Made Astaman/Ahli Teknologi Pangan dan Gizi/Gaya Hidup Sehat Edisi 366, 21-27 Juli 2006)

Semoga bermanfaat dan tetap SEHAT !

Posted on February 23, 2010, in Artikel Kesehatan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: